SIDAREJA, CILACAP

 

 

Sidareja adalah sebuah kecamatan di Kabupaten CilacapJawa TengahIndonesia. Kota Sidareja merupakan salah satu kota distrik (induk) kecamatan selain Majenang untuk wilayah pembangunan bagian barat Kabupaten Cilacap. Sidareja menjadi kecamatan induk untuk beberapa kecamatan disekitarnya, kecamatan yang berada di bawah koordinasi distrik Sidareja antara lain, Gandrungmangu, Bantarsari, Karangpucung, Cipari, Kedungreja, dan Patimuan. Kecamatan Sidareja terdiri dari 10 desa / kelurahan yaitu ; Sidareja, Sidamulya, Gunungreja, Tegalsari, Tinggarjaya, Kunci, Penyarang, Karanggedang, Sudagaran, dan Margasari.

Penduduk

Penduduk aslinya merupakan suku Banyumas. Namun ada para pendatang yang datang dari luar misalnya dari Jogja, Magelang, Semarang, Klaten, Madura, Sunda, Tionghoa, dan Arab.Penduduknya berjumlah 56.840 jiwa (L: 27.960, P:18.880). Setengah dari jumlah tersebut ada di kota kecamatan. Islam menjadi agama penduduk mayoritas,disusul kristen protestan,katolik,dan konggucu. Mata pencaharian masyarakatnya antara lain petani: 8.064, nelayan: 37, buruh tani: 5.273, PNS:532, TNI: 44, pensiunan PNS/ABRI: 488, pedagang: 500.[1]

Wilayah Geografis

Sidareja terletak di 109.01 BT dan 7.41 LS,terletak paling pinggir sebelah barat dari kabupaten cilacap dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat. Batas antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Barat di adalah sebuah sungai yang mengalir juga sampai ke kota Cirebon di Jawa Barat sungai tersebut adalah sungai Citanduy. Letak kota kecamatan sidareja sangat dekat dengan tempat pariwisita Pangadaran Jawa Barat dan perjalanan pada hari biasa bisa di tempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan kendaraan bermotor. Selain itu kota kecamatan sidareja juga dekat dengan kota Purwokerto – Banyumas,dan Banjar jawa barat.

 

 

Fasilitas Umum

Fasilitas di kota kecamatan ini boleh dibilang sudah cukup memadai,antara lain

Jalan Utama

kota sidareja terdiri dari beberapa ruas jalan utama yaitu jln.Ampera,Jln.Jend sudirman,Jln jend.Akhmad Yani,Jln jend.Yos soedarso,Jln jend.Gatot soebroto,dan jalur lingkar selatan kota sidareja.kondisi jalan menggunakan Aspal hotmix.Sidareja dilalui perempatan besar sehingga sangat membantu arus transportasi menuju kota Cilacap,kota Purwokerto,kota banjar jawa barat dan ke arah kota Pangandaran.transportasi di sidareja juga sudah dilengkapi dengan SPBU Pertamina.

Transportasi

Sidareja mempunyai sebuah terminal Bus AKAP dan stasiun kereta api yang cukup ramai. transportasi lainnya ada juga angkutan kota, ojek,delman,dan becak. transportasi di sidareja juga sudah dilengkapi dengan SPBU Pertamina.

Pelayanan umum Masyarakat]

Untuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat terdapat Kantor Kecamatan,kantor dinas pendidikan pemuda dan olahraga,kantor kepolisian sektor dilengkapi dengan unit satpolantas,kantor koramil,kantor badan penanggulangan bencana daerah(BPBD),kantor pos,kantor telkom,kantor PLN,kantor PDAM,kantor Perhutani,kantor Pusat penelitian tanaman dan bibit tanaman,Gudang Bulog

Kesehatan

Sidareja mempunyai Fasilitas kesehatan yang memadai antara lain terdapat Rumah sakit untuk rawat inap,puskesmas dan balai pengobatan.

Perbankan

Ada beberapa bank di kota kecamatan ini,yakni:

Bank BCA,Bank BRI,Bank BNI,Bank Mandiri,Bank Jateng,Bank Citanduy Artha,Bank Sampang,Bank BMT Syariah,Bank Artha Graha.Transaksi keuangan di bank cukup besar.

Ekonomi dan Perdagangan

Ada 5 pasar: “P. Rahayu,” “P. Reboan”, “P. Setuan”, P.selasaan,dan “P. Karna”.Di pasar orang menjual segala kebutuhan hidup mulai dari sembilan pokok kehidupan, sepeda, sayuran, daging sapi, daging kambing, daging ayam, sepeda, lemari es, TV, laser disc, antena parabola, toko sepeda motor (service Honda, Yamaha), toko emas, optic, toko obat, toko alat tulis, foto copy, toko bahan bangunan, toko mesin diesel, toko cuci cetak film satu jam jadi, sebuah losmen dan sebuah hotel, bengkel sepeda motor, bengkel mobil, dan lain-lain. Terdapat tiga toko swalayan yang cukup besar dan lengkap, lapangan dan gedung serba guna. Beberapa pengusaha juga membuat sarang wallet dan terhitung sukses.Untuk perusahaan terdapat perusahaan kayu,PT.Sunchang manufactory Sidareja,perusahaan sale pisang,pabrik kerupuk,pabrik keramik dan batu bata.

Pendidikan

Sekolah-sekolah Negeri yang paling favorit,berstandar nasional dengan akreditasi A (sangat memuaskan) di kota kecamatan sidareja adalah sebagai berikut:

Sekolah Menengah Atas Negeri :

  • SMA Negeri 1 Sidareja di Jl. Kunci Tromol Pos 4 Telp(0280)523186 (akreditasi A)

Sekolah Menengah Pertama Negeri :

  • SMP Negeri 2 Sidareja di JL. Jendral A. Yani No. 55, kode pos 53261 (akreditasi A)
  • SMP Negeri 1,Jl.Kunci Tromol Pos 4 Sidareja (akreditasi A)
  • SMP Negeri 3 Sidareja ,Jl.Karanggedang-Penyarang Sidareja (akreditasi A)

Selain itu masih banyak juga sekolah-sekolah swasta di antaranya:

Sekolah Menengah Pertama :

  • SMP Muhammadiyah Sidareja di Jl.Ampera
  • SMP Pius Sidareja
  • SMP Kristen Sidareja di JL. Jendral Sudirman No. 01 Sidareja
  • SMP Tamtama Sidareja di Jl. Jenderal A. Yani No. 51 Sidareja
  • SMP Nasional Sidareja di JL. Jendral Sudirman No. 01 Sidareja
  • MTS Al Hidayah Sidareja
  • MTS Aliyah Sidareja

Sekolah Menengah Atas :

  • SMA Nasional Sidareja di Jl. Jenderal Sudirman
  • SMA Muhammadiyah Sidareja Jl.Ampera
  • SMA Kristen Sidareja di Jl. Jend. Sudirman No. 53
  • MA AL HIDAYAH di JL. Makam Pahlwan No. 1 Sidareja

Sekolah Menengah Kejuruan ;

  • SMK Yos Soedarso
  • SMK Tamtama 1 Sidareja di Jl. Jend. A-Yani No : 31 – Sidareja 53261
  • SMK Tamtama 2 Sidareja di Jl. Jend. A-Yani No : 31 – Sidareja 53261
  • SMK Farmasi Sidareja di Jln.Jend.Akhmad Yani
  • SMK LPPM RI Sidareja di Jl. Jenderal Sudirman
  • SMK Nasional Sidareja di Jl. Jenderal Sudirman

Konsumsi Penduduk

Terdapat sejumlah makanan khas yang digemari di kota kecamatan Sidareja. Ada satu jenis makanan yan tidak mungkin bisa lepas dari orang Sidareja dan sekitarnya yaitu “tempe mendoan”. Tempe mendoan adalah suatu makanan sejenis gorengan yang terbuat dari tempe dan tepung terigu dan makanan ini selalu tersedia di setiap warung makanan yang ada di Sidareja. Bukan hanya di Sidareja saja tempe mendoan tidak bisa hilang dari masyarakat akan tetapi ini meliputi daerah-daerah yang ada di sekitarnya seperti, Wangon, Ajibarang, Purwokerto,dan daerah sekitar kabupaten Cilacap dan Banyumas. Selain mendoan ada satu lagi yang digemari oleh orang-orang di Sidareja yaitu sale pisang dan makanan ini kerap kali di jadikan oleh-oleh untuk teman atau saudara yang berada jauh di luar Sidareja.

Desa/kelurahan

  1. Gunungreja
  2. Karanggedang
  3. Kunci
  4. Margasari
  5. Penyarang
  6. Sidamulya
  7. Sidareja
  8. Sudagaran
  9. Tegalsari
  10. Tinggarjaya

 

  1. Terminal SidarejaStasiun Sidareja

Data diambil dari WIKIPEDIA

sidareja dimana, sidareja wisata, sidareja jawa tengah, sidareja stasiun, sidareja travel, sidareja cilacap, aghisna sidareja, alun2 sidareja, sidareja cilacap jateng, daerah sidareja, daerah sidareja cilacap, kemit forest sidareja cilacap, kemit forest sidareja jawa tengah, kemit forest sidareja terbaru

0 Komentar